Jumat, 01 Februari 2019

Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat

 Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat

Sebelum kita membahas bagaimana pengalaman saya tentang Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat, ijinkan saya berbagi cerita kronologi sehingga saya harus mengalami dan harus berbagi kepada anda.

Mula-mula seseorang meminta saya untuk melakukan instalasi ulang komputer karena dirasa lambat dan memang ada idikasi terinveksi virus, singkat cerita tanpa basa-basi saya mengiyakan komputer itu akan diinstal ulang tapi saya sempatnya malam hari, kemudian pada saat waktunya tiba saya tertidur dan baru terjaga jam 3 subuh, sambil mata sepet saya langsung mulai melakukan proses instalasi namun gagal ditengah jalan karena ada masalah pada format partisi hardisk dari MBR harus dirubah ke GPT sebelum melakukan instalasi Sistem Operasi (OS). Nah disinilah mulai tragedi naas meninpa saya yaitu pada saat akan merubah MBR ke GPT melalui command prompt (CMD) tanpa sengaja saya mengilangkan semua partisi yang berisi begitu banyak data penting dan menyebabkan mata saya terbuka (dalam hati: hilang data orang), kemudian saya mencoba menghubungi pemiliknya dan bertanya "apakah data yang ada sudah dipindahkan ke hardisk ekternal (backup)?" saya berharap jawabannya "sudah", tapi sayang jawabannya sebaliknya pemiliknya belum sempat melakukan backup satu filepun, hal ini menyebabkan saya semakin degdegan.

Dengan adanya kasus ini saya harus membongkar lagi isi hardisk eksternal yang saya miliki untuk mencari software yang mampu menyelematkan data dari partisi yang sudah terlanjur terhapus. Dari berbagai aplikasi yang ada dan dicoba ada satu aplikasi yang dapat melegakan hati dan berhasil mengembalikan partisi dan data secara utuh, namun dengan kapasitas HDD 500Gb memerlukan waktu nyaris setengah hari hanya untuk proses scanning saja, tapi ga apa-apa yang penting waktu dan lelah terbayar dengan selamatnya data.

Apabila kebetulan anda mengalami hal serupa seperti pengalaman saya, anda bisa mengikuti tahapan berikut:

ASUMSI: partisi sudah terlanjur hilang dan OS tidak lagi bekerja atau tidak bisa booting


Persiapan

  • Siapkan komputer lain yang sudah terhubung internet guna mendownload beberapa file

Tahap 1

  • Siapkan Flasdisk kosong 1 buah untuk membuat bootable disk
  • Download aplikasi Mini Tools Partition Wisard pada bagian akhir artikel
  • Download aplikasi rufus (untuk menkopi ISO file ke flashdisk menjadi bootable) pada bagian akhir artikel

Tahap 2

Membuat bootabledisk dengan bantuan rufus portable

  • Klik/tap 2 kali file RufusPortable_3.4.paf yang telah didownload untuk mengekstrak agar dapat digunakan
  • Tentukan lokasi/direktori dimana akan diektrak, misalnya: pada partisi D maka pada partisi tersebut akan tercipta folder baru bernama RufusPortable
  • Tancapkan/hubungkan Flasdisk pada komputer
  • Klik 2 kali RufusPortable.exe yang ada pada folder RufusPortable, dan perhatikan urutan kerjanya seperti gambar di bawah ini:

    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat
    • Pastikan flashdisk sudah terdeteksi pada bagian Device
    • Klik Select untuk menuju pada direktori dan memilih file ISO yang sudah didownload dengan nama pwfree91-x64.iso  
    • Nah yang perlu diperhatikan adalah Partition Scheme dan Target System karena disini ada 2 pilihan, periksa terlebih dahulu komputer target (komputer yang partisinya hilang) apakah partition schemenya didukung partisi MBR atau GPT silahkan cek melalui BIOS dan disesuaikan
    • Setelah semua siap klik button START dan tunggu proses ektraksi iso file sampai selesai
      saran: nonaktifkan antivirus agar autorun.inf yang terbuat pada bootabledisk tidak terhapus atau tercekal sehingga tidak bisa booting.
  •  Setelah proses ektraksi file iso selesai dan berhasil klik CLOSE pada aplikasi rufus,
  •  Eject dan cabut flasdisk yang sudah berisi file bootable Mini Tools Partition Wisard

Tahap 3

Proses recovery Partisi Hardisk

  • Tancapkan flashdisk pada komputer target, dan nyalakan
  • Lakukan setting pada bios dan arahkan booting pertama adalah flashdisk, kemudian simpan dan restart, biarkan komputer booting hingga Mini Tools Wisard tampil dengan sempurna
  • Pada menu Wizards pilih submenu Partition Recovery Wisard, kemudian klik Next
    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat
  • Pilih Hardisk yang akan direcovery, kemudian klik Next lagi

    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat
  • Pada bagian Scanning Range pilih Full Disk, kemudian klik Next
    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat
  • Pada bagian Scanning Methods pilih Full Scan (pengalaman: metode Quick Scan tidak berhasil mungkan karena hardisk terformat), kemudian klik Next maka proses scannig akan dimulai. pada tahap inilah anda harus menunggu dan berdo'a, karena ini sangat tergantung pada kapasitas hardisk, spesifikasi komputer dan faktor lain

    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat
    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat
  • Setelah proses scanning selesai, pilih partisi yang ingin direcovery kemudian klik Finish, setelah itu klik Apply (tanda V)  
    Cara mengembalikan (Recovery) Partisi Hardisk yang Hilang Karena Terhapus atau Terformat


Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu dan meringankan masalah anda, dan saya sangat berharap anda dapat menyampaikan apakah artikel dapat membantu atau tidak atau bahkan anda memiliki cara lain yang lebih baik, mari kita berbagi pengalaman melalui kolom komentar di bawah ini.

Apabila artikel ini memberi manfaat kepada anda, jangan lupa bagikan pengalaman ini kepada orang-orang melalui berbagai akun sosial media anda, agar mereka yang kebetulan mengalami masalah seperti ini dapat segera terbantu.

Download :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.