Minggu, 29 Januari 2017

Install .NET 3.5 pada Windows 10 dengan error code 0x800F081F






Gambar 1 Install .NET 3.5 pada Windows 10 dengan error code 0x800F081F. sumber ilustrasi dari microsoft.com yang sudah diedit SCL


Ketika saya akan menginstall aplikasi pada Windows 10 dan membutuhkan Framework Dot NET (.NET) FX3. dengan adanya pengalaman ini memaksa saya harus berselancar dan bertanya pada google, banyak sekali  tutorial yang mengajarkan bagaimana memperbaiki dotnet mulai dari bahasa inggris, indonesia, dan bahasa lainnya yang tidak saya mengerti, tetapi nyaris semuanya gagal, entahlah mungkin itu saya yang gagal faham, karena kontennya rata-rata berbahasa inggris. 
Akan tetapi saya tidak patah semangat sesuai dengan motto SCL (Salah Coba Lagi) akhirnya saya mencoba mengkombinasikan beberapa tutorial dan hasilnya memuaskan dan berhasil. Nah agar anda juga tidak mengalami hal yang sama, saya akan bagikan cara mengatasi saat instalasi .NET 3.5 dengan Error 0x800F081F.
Gambar 2 Pesan Ketika Install Aplikasi Tertentu
Gambar 3 Pesan Error 0x800F081F  ketika Download dan Isntall Online


Berikut adalah langkah-langkah instalasi .NET 3.5 dengan error 0x800F081F yang sudah berhasil saya terapkan pada Windows 10 Home:

Langkah Pertama

silahkan Download  microsoft-windows-netfx3-ondemand-package.cab pada link di bawah ini





http://adf.ly/1ixAjE

Langkah Kedua

Pindahkan file microsoft-windows-netfx3-ondemand-package.cab hasil download tadi ke Drive C atau dimana Windows 10 anda terinstal

Langkah Ketiga

Jalankan Command Prompt dengan mode Administrator (Run as Administrator) caranya klik kanan pada Command Prompt pilih Run as Administrator, lihat Gambar 4
Gambar 4 Cara Menjalankan Command Prompt Pada Windows 10

Langkah Keempat

Ketikan sintak berikut ini  dan perhatikan Gambar 5

dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /source:c:\ /LimitAccess

Gambar 5 Command Prompt ketika Install dot Net 3.5

Catatan : c  adalah nama partisi tempat menyimpan file microsoft-windows-netfx3-ondemand-package.cab

Langkah Kelima

Silahkan uji coba instal ulang aplikasi yang membutuhkan .NET 3.5, seharunya berhasil

Semoga artikel sederhana ini dapat membantu dan memberikan manfaat bagi anda yang membaca dan mempraktekannya, silahkan bagikan artikel ini melalui media sosial di bawah ini.
 

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.